Selasa, 28 Agustus 2012

Doa Menenangkan Hati yang Sedih

setiap orang pastilah pernah merasakan senang ataupun sedih..
kalau di agama muslim setiap kita merasa senangkita selalu berucap syukur, dan bila mendengar hal buruk kita selalu istigfar atu mengcucap innalillahi

    nih gue dapet doa supaya nenangin hati yang lagi sedih, dari pada kalian terusterusan nangis ga jelas kan lebih baik banyakin doa supaya ALLAH ngasih kebahagiaan yang teramat sangat setelah kamu ngerasa sedih (°⌣°) .. semoga kebahagiaanmu cepat datang ヽ(゚▽゚*)乂(*゚▽゚)ノ

doa yang diajarkan oleh Rasulullah saw. untuk menghilangkan rasa sedih atau gundah. Beliau bersabda, “Tidak ada musibah, atau kesedihan, atau kegundahan apa pun, yang menimpa seorang Muslim lalu ia berdoa: Allâhumma innî ‘abduka wa ibnu amatik. Nâshiyatî fî yadik. Mâdhin fiyya hukmuk. ‘Adlun fiyya qadhâ’uk. As’aluka bikulli ismin huwa lak sammayta bihî nafsak, aw anzaltahû fî kitâbik, aw ‘allamtahu ahadan min khalqik, aw ista’tsarta bihi fî ‘ilm al-ghayb ‘indak, an taj‘ala al-Qur’âna rabî‘a qalbî, wa jalâ’a huznî, wa dzahâ hammî] kecuali Allah menghilangkan kegundahannya dan menggantikan kesedihannya dengan kegembiraan.” 

 

Arti doa itu adalah: Ya Allah. Aku adalah hamba-Mu, dan anak hamba-Mu. Ubun-ubunku ada di tangan-Mu. Berlaku padaku ketentuan-Mu. Adil pula putusan hukum-Mu terhadap aku. Aku bermohon kepada-Mu –dengan semua nama yang Engkau namakan Diri-Mu, atau nama yang Engkau turunkan dalam Kitab Suci-Mu, atau nama yang Engkau ajarkan kepada seseorang dari hamba-Mu, atau nama yang Engkau simpan dalam ilmu gaib di sisi-Mu– agar Engkau jadikan al-Qur’an sebagai penerang hatiku, dan pengusir kesedihanku dan kegundahanku.


Marah dapat diobati dengan banyak-banyak membaca a‘ûdzu billâh min asy-syaythân ar-rajîm (Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk). Sebab, marah bersumber dari setan. Allah berfirman: Dan jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah (dengan membaca a‘ûdzu billâh min asy-syaythân ar-rajîm). Sungguh, Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui. (Q.S. al-A‘râf [7]: 200). Marah juga dapat diredakan dengan cara berwudhu. Dalam hadits disebutkan, “Marah itu datang dari setan, sedang setan tercipta dari api. Dan api hanya dapat dipadamkan dengan air. Maka apabila salah seorang dari kamu sedang marah, hendaklah ia berwudhu.” Ini diriwayatkan oleh Abu Dawud dan lain-lain.

yaaa pada dasarnya kesedihan itu bisa datang dan pergi tergantung bagaimana kita memandang suatu masalah itu, tapi inget jangan terlalu terlarut dalam kesedihan karna kebahagiaan datang jika kamu percaya kebahagiaan bisa datang dan jika kamu mau menyambut kebahagiaan itu dengan cara menghilangkan kesedihanmu sediri ^‿^ HAVE FUN GUYS!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar